Pages

19 Desember 2012

Mengisi libur semester ganjil

"Libur telah tiba...libur telah tiba...hatiku gembira". demikian sekelumit lagu yang dinyanyikan oleh si centil Tasya tentang senangnya anak anak sekolah menyambut liburan sekolah. bagi sebagian anak dari keluarga "the have" pastilah mereka mendapat hadiah dari ortu dengan mengajak ke tempat tempat wisata yang menyenangkan, Bali, Lombok, Bunaken, bahkan belanja ke Singapore, Bangkok, dan lain lain. Lalu bagaimana dengan mereka yang berasal dari keluarga "haven't" ? apakah cukup dengan merenungi nasib dengan berdiam diri di rumah, atau sekedar menghibur diri dengan bercengkrama dengan teman sebaya di halaman rumah?.
Nah, berikut penulis berikan tips untuk mengisi liburan yang murah meriah :
1. Mancing (kebetulan rumahku deket sungai...hihihi)
2. Camping (pertimbangkan ini musim hujan )
3. Hiking ( ini juga pertimbangan karena musim hujan)
4. Men-set ulang tata letak ruang tamu, kamar, mengecat, dll
5. Baca baca buku buku BSE (buku sekolah elektronik) untuk materi semester berikutnya (jadi dah siap duluan klo nanti dah masuk sekolah, dan Isya Allah pinter sendiri)
6. Bisnis kecil kecilan (Klo ada yg besar besaran kenapa harus kecil kecilan hehehe)
Nah, yang terakhir itu cara kreatif dan positif dalam mengisi liburan. nggak usah malu malu (yang penting nggak malu maluin, sekalian latihan berwirausaha siapa tahu malah jadi peluang...
Misalnya :
1. Bagi siswa SMK jurusan tata boga, bisa bikin kue/makanan/es dll yang kreatif seperti es teler, kopi malvinas, bakso pocong, pepesan mayit dll.
2. Bagi siswa SMK jurusan TKR, TKJ, TITL, TAV, dll bisa bikin usaha pinggir jalan menerima servis motor, TV rusak, instalasi listrik sederhana dengan harga sangat miring sampai 50% dari harga normal. 3. Bagi siswa SMA, bisa membuka privat les "INDOMIE" (Bhs.Ind, Matematika, Inggris) atau "HOLYCOMP" (kursus kilat untuk anak SD/SMP ttg komputer).

Wah pokoknya seru deh jika kalian punya kemauan, ingat KEMAMPUAN timbul karena KEMAUAN yang kuat. Ok, selamat berlibur