Pages

08 September 2013

Ulangan Online : Membuat penilaian jadi mudah dan obyektif

Sebagai guru, kita kadang merasa bingung 'menyiapkan' soal yang harus diujikan kepada siswa. banyak alasan yang dikemukakan : sibuk, tugas lain menumpuk, tak ada waktu, dll, dst, dsb. Belum lagi ditambah pekerjaan kapan mengoreksi jawaban siswa dan menilainya. Oleh karena itu pada artikel kali ini, saya ingin memberikan solusi cerdas yang ringan dikerjakan, mudah dibuat, dan sim salabim nilainya sudah jadi. Saya menyebutnya sebagai "ULANGAN ONLINE". Keuntungan dari aplikasi yg kita buat ini adalah :

  1. Soal tidak membutuhkan kertas dan lembar jawaban (Solusi himbauan hemat dana :BOS )
  2. Soal dapat dibuat secara acak/Random sehingga siswa mengerjakan soal satu sama lain tidak sama nomor soal dan opsi nya (Solusi mengatasi kecurangan siswa untuk bekerjasama),
  3. Jawaban pekerjaan siswa dapat dinilai secara obyektif apakah kompeten/tidak kompeten (Solusi mengatasi guru 'malas' dan 'lupa' menilai),
  4. Hasil dapat dilihat sewaktu waktu, karena nilai siswa terkirim otomatis ke email guru (Solusi mengatasi penyakit 'lupa' guru menyimpan dokumen nilai)
Langkahnya sebagai berikut :
I. Membuat Soal Ulangan    :
  1. Instal aplikasi Quiz Maker di komputer anda, aplikasi dapat di download disini.
  2. Jika sudah beres penginstalannya, jalankan aplikasinya dan tampilan awal adalah sebagai berikut :
     
  3. Pilih Setting, untuk mengatur nama file, score maksimal, batas score lulus, pesan lulus/tidak lulus, dan sebagainya. Pilihlah semua menu dari MAIN sampai TEXT LABEL dan isi sesuai keinginan anda.
  4. Pilih bentuk soal Multiple choice, True and false, dll sesuai keinginan anda
  5. Jika anda memilih pilihan ganda, ketiklah soal pertama yang anda akan ujikan pada kolom New Multiple Choice question.
  6. Klik ADD CHOICE  untuk menambah alternatif jawaban biasanya (5) yaitu A, B, C, D, E
  7. Klik radio button di alternative ke berapa jawaban benar di berikan, lalu double klik di tulisan ALTERNATIVE itu untuk menuliskan jawaban benarnya.
  8. double klik alternative yg lain untuk menuliskan jawaban salah (pengecoh)nya.
  9. Ulangi pekerjaan anda untuk membuat soal kedua, dengan meng-klik menu multiple choice.
  10. Jika sudah selesai pengetikan semua nomor, lakukakan publish. Sebaiknya pilih Web bukan LSM (Learning Management System). LSM digunakan jika anda paket Moodle dan sejenisnya yang mendukung tipe SCORM 1.2.
  11. Klik Publish dan simpan di folder dan drive yang anda kehendaki. Anda akan mendapatkan file berextensi SWF.
II. Menyiapkan Soal yang akan diakses bersama siswa :
  1. Cara manual / stand alone adalah anda membagi file soal tersebut ke masing masing siswa untuk di copy dan dijalankan di komputernya masing masing.
  2. Cara Client-Server adalah anda menempatkan file soal tersebut pada server, dan siswa mengakses lewat layanan jaringan (Network).
Selamat mencoba, Hasilnya kurang lebih sebagai berikut :


Gambar 1. Awal mengerjakan Soal



Gambar 2. Hasil belum lulus/ kompeten



Gambar 3. Hasil lulus/Kompeten



NB : Anda bisa mencoba hasilnya, pada menu ULANGAN ONLINE pada weblog ini. Ok