Pages

21 Februari 2011

Manfaat Blog untuk Guru



Paradigma pendidikan telah berubah seiiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, artinya guru sekarang tidak lagi menjadi pusat ilmu bagi peserta didik. Pemanfaatan teknologi seperti komputer dan Internet telah memberi kemanfaatan yang sangat besar bagi guru dan peserta didik.
Bagi guru, Komputer dengan fasilitas Internetnya mampu menambah khasanah keilmuan guru dalam mempersiapkan pembelajaran. Banyak di dunia maya ini, guru dengan mudah mendapat referensi untuk keperluan pembbuatan Rencana Pembelajaran (RPP), Silabus, Kurikulum Implementatif, dan lain lain. Bahkan guru, dengan sedikit kemampuan penguaasan tool/ aplikasi seperti Moodle, mampu menyajikan materi pembelajaran secara dinamis, baik berupa konten materi, evaluasi, quiz, dan nilai.
Bagi peserta didik, materi yang akan disampaikan guru telah didapat sebelum jam pembelajaran terstruktur di kelas. peserta didik dapat lebih siap menerima materi dari guru untuk dapat dipelajari sebelumnya.

Banyak manfaat Blog untuk seorang yang berprofesi sebagai guru yang tidak dapat diuraikan secara mendetail di postingan ini. Yang jelas, proses pembelajaran akan lebih efisien dan efektif.
Jika sudah demikian, mengapa kita para guru tidak memanfaatkan Blog sebagai media pembelajjaran?